Inilah 8
Prinsip-Prinsip Penilaian Hasil Belajar Anak Usia Dini (PAUD). Di dalam proses
pembelajaran PAUD, penilaian merupakan bagian penting untuk melakukan evaluasi
terhadap tingkat pencapaian perkembangan anak usia dini.
Di PAUD proses penilaian dilakukan untuk
melihat capaian hasil belajar anak yang berdampak pada kemajuan
perkembangannya. Kemampuan mengobservasi perilaku anak saat melakukan kegiatan
bermain yang bermakna dan penguasaan tahap perkembangan anak harusnya menjadi
kemampuan yang dipersyaratkan bagi guru PAUD.
Pengamatan yang seksama saat anak bermain
memberikan banyak informasi yang diperlukan untuk kegiatan penilaian.
Prinsip-Prinsip Penilaian Hasil BElajar Anak Usia Dini (PAUD)
Penilaian hasil belajar anak pada jenjang PAUD
berdasarkan pada prinsip-prinsip sebagai berikut:
1. Mendidik
Proses dan hasil penilaian dapat dijadikan
dasar untuk memotivasi, mengembangkan, dan membina anak agar tumbuh dan
berkembang secara optimal.
2. Berkesinambungan
Penilaian dilakukan secara terencana, bertahap,
dan terus menerus untuk mendapatkan gambaran tentang pertumbuhan dan
perkembangan anak.
3. Objektif
Penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria
yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai sehingga menggambarkan data
atau informasi yang sesungguhnya.
4. Akuntabel
Penilaian dilaksanakan sesuai dengan prosedur
dan kriteria yang jelas serta dapat dipertanggung jawabkan.
5. Transparan
Penilaian dilaksanakan sesuai dengan prosedur
dan hasil penilaian dapat diakses oleh orang tua dan semua pemangku kepentingan
yang relevan.
6. Sistematis
Penilaian dilakukan secara teratur dan
terprogram sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak dengan menggunakan
berbagai instrumen.
7. Menyeluruh
Penilaian mencakup semua aspek
pertumbuhan dan perkembangan anak baik sikap, pengetahuan maupun keterampilan.
Penilaian mengakomodasi seluruh keragaman budaya, bahasa, sosial ekonomi,
termasuk anak yang berkebutuhan khusus.
8. Bermakna
Hasil penilaian memberikan informasi yang
bermanfaat bagi anak, orangtua, guru, dan pihak lain yang relevan.